Selasa, 21 Oktober 2014

Kehormatan Adalah Cobaan



Kehormatan adalah ujian dan cobaan bagi setiap hamba ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala


yang beriman, seperti halnya kerajaan, kekuasaan dan harta benda, ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala berfirman kepada Nabi-Nya Sulaiman 'Alaihissalam, yang saat itu terkagum-kagum melihat singgahsana Ratu Bilqis.
"Ini termasuk karunia Rabb-ku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari akan (nikmat-Nya)." (QS. An-Naml: 40)

ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala memberikan nikmat-Nya kepada umat manusia agar Dia melihat siapa yang menerimanya dengan baik, lalu mensyukurinya, menjaga, mengembangkan, serta mengambil dan memberi manfaat darinya. Dan, ingin pula melihat siapa yang meremehkan, menyia-nyiakan, kufur,'mempergunakannya untuk memerangi Dzat yang memberinya, dan menjadikannya senjata untuk melawan Dzat Yang telah mengaruniakannya nikmat itu.

Nikmat-nikmat itu adalah cobaan dan ujian dari ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala. Nikmat-nikmat itu adalah tolak ukur, sejauh mana orang-orang bersyukur mensyukuri nikmatnya dan sejauh mana pula orang-orang yang kufur mengingkarinya. ALLAH mencoba dengan Nikmat seperti halanya mencoba dengan bencana.
ALLAH TA'ALA berfirman:
"Adapun manusia, apabila Rabb-nya menguji lalu dimuliakan-Nya dan di beri-Nya kesenangan, maka dia berkata: 'Rabb-ku telah memuliakanku.', Adapun bila Rabb-nya menguji lalu membatasi rezeki-nya, maka dia berkata: 'Rabb-ku menghinaku." Sekali-kali tidak demikian..'" (QS. Al-Fajr: 15-17)
Lebih jelasnya simaklah ayat berikut ini: "Tidaklah setiap orang yang Aku lapangkan dan Aku memuliakan serta Aku beri nikmat, itu berarti pemuliaan-Ku untuknya. Namun, tidak pula orang yang Aku sempitkan hartanya dan Aku coba dia berarti penghinaan-Ku kepada-Nya."
Wallahu A'lam Bish-shaawab.
Salam Muwaakhah sahabat"qu fillah, semoga kita pandai-pandai mensyukuri Nikmat yang diberikan oleh ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala dan apa yang kita kerjakan hari ini adalah ladang ibadah buat kita semuanya.
Barakallahu fiikum,,,,,
Aamiin Aamiin Allahumma Aamiin.