Sabtu, 01 Agustus 2015

Keistimewaan Wudhu bagi Tubuh

 Salah satu usaha yang dilakukan seorang muslim untuk mensucikan diri yakni dengan berwudhu. Wudhu merupakan salah satu ‘Amaliyah Ta’abbudiy sebagai syarat sahnya melaksanakan ibadah salat.

Keistimewaan wudhu adalah menstimulasi pusat syaraf dalam tubuh manusia. Hal ini meliputi 5 panca indra yaitu mata, telinga, hidung, mulut hingga kaki. Stimulus itu akan mengantarkan melalui meridian ke sel, jaringan, organ dan sistim organ yang bersifat terapi. Selain itu wudhu juga dapat menangkal virus, kuman dan bakteri.

Pijitan lembut saat melakukan wudhu ternyata juga ampuh dijadikan sebagai terapi empedu, liver dan jantung, semua hal itu sangat berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Bahkan Dr Magomedov dari lembaga General Hygiene and ecology di Daghestan State Medical Academy mengatakan bahwa wudhu bisa menyentuh titik-titik akupuntur.

Saat Anda membasuh wajah dengan air akan memberikan efek positif pada usus, ginjal sistem syaraf dan reproduksi. Sedangkan membasuh kaki akan memberikan efek positif pada kelenjar pituitary otak yang mengatur fungsi kelenjar endokrin. Di telinga terdapat ratusan titik biologis yang akan menurunkan tekanan darah dan mengurangi sakit.