Jumat, 28 September 2018

SUPERVISOR

JOB TITLE
SUPERVISOR
DIVISION

DEPARTMENT
F&B SERVICE
REPORT TO
RESTAURANT MANAGER
DATE OF ISSUE
5 JULI 2013
ISSUED BY
RESTAURANT MANAGER
LAST UPDATE

APPROVED BY
GENERAL MANAGER


DUTIES AND RESPONSIBILITIES
A.    EMPLOYMENT
JOB SUMMARY
Supervisor Restoran
1.      Secara administrasi dan  operasi, seorang Restaurant Supervisor bertanggung jawab atas kegiatan kelancaran operational di restaurant,
2.       Menyiapkan dan memastikan staff dan stuff yang tepat, sesuai dengan Business Plan.

A.     TASK
1.      Menjalankan management function sesuai dengan ketetapan yang  telah ditentukan oleh  General Manager atau Restoran Manager
2.      Melaksanakan tugas-tugas administrasi berjalanannya restoran
3.      Menjalankan, mengatur serta mengawasi jalannya operasional direstoran sesuai dengan standar operasional secara objective.
4.      Menginventarisasikan dan mengontrol equipment & utensil yang ada di restoran
5.      Menjalankan kebijakan  program  kerja  GM dan RM  yang telah ditentukan untuk tercapainya tujuan dan kelancaran operasional
6.      Membuat suatu hubungan kerja yang baik antara Captain  dan Department lain.
7.      Melaksanakan pengembangan bisnis usaha ke arah yang lebih profesional dan maju sesuai dengan konsep yang telah ditetapkan GM dan RM.
8.      Membuat analisa kerja terhadap tenaga pelaksana ditinjau dari kebijakan S.O.P perusahaan.
9.      Membantu dalam melakukan pelatihan produk : Squance of service, telpon courtesy, dll.



B.     Responsibility
1.      Bertanggung jawab terhadap kelancaran, keberhasilan operasional di F&B Service, termasuk Banquet Operational.
2.      Bertanggung jawab dalam meningkatkan kedisplinan kerja terhadap tenaga pelaksana.
3.      Menjaga standart of highest quality service dan product sesuai dengan standar yang berlaku.
4.      Menjaga standart personal appearance, perilaku dan image dari diri sendiri serta bawahannya.
5.      Melaksanakan serta mendukung program yang telah ditetapkan.
6.      Menjaga dan melaksanakan kelancaran hubungan / interaksi antara tenaga pelaksana dan Customer.





C.     Authorization
1.      Mempunyai wewenang dalam  mengatur serta menegur bawahannya yang bekerja ditingkat pelaksana.
2.      Mempunyai wewenang dalam mengkoordinir aktifitas yang sesuai dengan Job Assigment terhadap tenaga pelaksana.
3.      Mempunyai wewenang memberikan  masukan evaluasi job performance kepada Captain.

JOB TASK

D.     Daily
1.      Mengadakan opening dan closing briefing staff untuk kegiatan yang dilakukan setiap hari.
2.      Memeriksa kesiapan dari seluruh tenaga pelaksana di F&B Service setiap kegiatan operasional.
3.      Membuat suatu evaluasi laporan harian mengenai hasil kerja dari jalannya kelancaran operasional F&B Service.
4.      Mengontrol dan  mengawasi jalannya kelancran operasional F&B Service di tingkat pelaksana.
5.      Mengontrol dan mengkoordinir pengawasan jalannya kelancaran job assignment
6.      Melakukan komunikasi dengan Dept. Head untuk membuat informasi kemungkinan bisnis, konfirmasi/VIP treatment dalam mendukung pelaksanaan kelancaran kerja.
7.      Menjaga pengawasan standard high quality atas produk dan service yang akan diberikan kepada tamu sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh perusahaan.
8.      Mengkoordinir serta mengawasi pelaksanaan pelayanan atas produk barang dan jasa yang di jual kepada tamu.
9.      Memimpin/membina tenaga pelaksana untuk dapat melaksanakan kerja dan tugasnya agar mencapai hasil yang maksimal.
10.  Mengontrol dan mengawasi hasil kerja tenaga pelaksana F&B Service.
11.  Mengontrol dan mengawasi kebersihan di seluruh area F&B Service agar tetap terjaga kebersihan dan pemeliharaannya.

E.      Weekly
1.       Membuat operasional report mengenai produktifitas dan efisiensi terhadap tenaga pelaksana.
2.      Mencatat dan melaporkan saran-saran yang diterima dari tamu untuk Dept. Head.
3.      Mengecek kesiapan event berdasarkan banguet event order yang sudah dibuat oleh Guest Relation Officer.
4.      Mengkoordinir dan mengawasi pengadaan kebutuhan alat pendukung untuk operasional F&B Service operational (Guest Supply)


F.      Periodically
1.      Mengkoordinir, mempersiapkan dan melaksanakan event-event yang telah di tentukan untuk meningkatkan hasil penjualan baik restoran maupun banquet.
2.      Melaksanakan dan mengawasi inventarisasi atas barang-barang yang di miliki F&B Service baik secara rutin dan berkesinambungan agar selalu terkontrol dengan baik
3.      Membuat laporan dan masukan kepada Restaurant Manager atas prestasi kerja seluruh tenaga pelaksana di F&B Service.
4.      Melaksanakan  perencanaan secara terpadu untuk meningkatkan atau perbaikan atas performance setiap tenaga pelaksana dengan tujuan untuk mencapai high quality of service kepada Customer.
5.      Melakukan peninjauan serta analisa terhadap performance tenaga pelaksana
6.      Menyambut kedatangan tamu VIP/reguler dengan memberikan greeting serta mengantar ke ruangan yang telah di sediakan.
7.      Menghadiri kegiatan meeting dalam segala aspek operasional dan management F&B Service sesuai dengan kebutuhan dari Dept. Head

Terimakasih
pangkapi@gmail.com

Tidak ada komentar: