JOB
TITLE
|
SUPERVISOR
|
DIVISION
|
|
DEPARTMENT
|
F&B SERVICE
|
REPORT
TO
|
RESTAURANT MANAGER
|
DATE
OF ISSUE
|
5
JULI 2013
|
ISSUED
BY
|
RESTAURANT MANAGER
|
LAST
UPDATE
|
|
APPROVED
BY
|
GENERAL
MANAGER
|
DUTIES AND
RESPONSIBILITIES
A. EMPLOYMENT
JOB SUMMARY
Supervisor Restoran
1. Secara administrasi dan operasi, seorang Restaurant Supervisor
bertanggung jawab atas kegiatan kelancaran operational di restaurant,
2. Menyiapkan dan
memastikan staff dan stuff yang tepat, sesuai dengan Business Plan.
A.
TASK
1.
Menjalankan
management function sesuai dengan ketetapan yang telah ditentukan oleh General Manager atau Restoran Manager
2.
Melaksanakan
tugas-tugas administrasi berjalanannya restoran
3.
Menjalankan,
mengatur serta mengawasi jalannya operasional direstoran sesuai dengan standar
operasional secara objective.
4.
Menginventarisasikan
dan mengontrol equipment & utensil yang ada di restoran
5.
Menjalankan
kebijakan program kerja GM dan RM yang telah ditentukan untuk tercapainya tujuan
dan kelancaran operasional
6.
Membuat
suatu hubungan kerja yang baik antara Captain dan Department lain.
7.
Melaksanakan
pengembangan bisnis usaha ke arah yang lebih profesional dan maju sesuai dengan
konsep yang telah ditetapkan GM dan RM.
8.
Membuat
analisa kerja terhadap tenaga pelaksana ditinjau dari kebijakan
S.O.P perusahaan.
9. Membantu dalam melakukan pelatihan produk : Squance of
service, telpon courtesy, dll.
B.
Responsibility
1.
Bertanggung
jawab terhadap kelancaran, keberhasilan operasional di F&B Service,
termasuk Banquet Operational.
2.
Bertanggung
jawab dalam meningkatkan kedisplinan kerja terhadap tenaga pelaksana.
3.
Menjaga
standart of highest quality service dan product sesuai dengan standar yang
berlaku.
4.
Menjaga
standart personal appearance, perilaku dan image dari diri sendiri serta
bawahannya.
5.
Melaksanakan
serta mendukung program yang telah ditetapkan.
6.
Menjaga
dan melaksanakan kelancaran hubungan / interaksi antara tenaga pelaksana dan Customer.
C.
Authorization
1.
Mempunyai
wewenang dalam mengatur serta menegur bawahannya yang bekerja
ditingkat pelaksana.
2.
Mempunyai
wewenang dalam mengkoordinir aktifitas yang sesuai dengan Job Assigment
terhadap tenaga pelaksana.
3.
Mempunyai
wewenang memberikan masukan evaluasi job performance kepada Captain.
JOB TASK
D.
Daily
1.
Mengadakan
opening dan closing briefing staff untuk kegiatan yang dilakukan setiap hari.
2.
Memeriksa
kesiapan dari seluruh tenaga pelaksana di F&B Service setiap kegiatan
operasional.
3.
Membuat
suatu evaluasi laporan harian mengenai hasil kerja dari jalannya kelancaran
operasional F&B Service.
4.
Mengontrol
dan mengawasi jalannya kelancran
operasional F&B Service di tingkat pelaksana.
5.
Mengontrol
dan mengkoordinir pengawasan jalannya kelancaran job assignment
6.
Melakukan
komunikasi dengan Dept. Head untuk membuat informasi kemungkinan bisnis,
konfirmasi/VIP treatment dalam mendukung pelaksanaan kelancaran kerja.
7.
Menjaga
pengawasan
standard
high quality atas produk dan service yang akan diberikan kepada tamu sesuai
dengan standar yang telah ditentukan oleh perusahaan.
8.
Mengkoordinir
serta mengawasi pelaksanaan pelayanan atas produk barang dan jasa yang di jual
kepada tamu.
9.
Memimpin/membina
tenaga pelaksana untuk dapat melaksanakan kerja dan tugasnya agar mencapai
hasil yang maksimal.
10.
Mengontrol
dan mengawasi hasil kerja tenaga pelaksana F&B Service.
11.
Mengontrol
dan mengawasi kebersihan di seluruh area F&B Service agar tetap terjaga
kebersihan dan pemeliharaannya.
E.
Weekly
1.
Membuat operasional report mengenai
produktifitas dan efisiensi terhadap tenaga pelaksana.
2.
Mencatat
dan melaporkan saran-saran yang diterima dari tamu untuk Dept. Head.
3.
Mengecek
kesiapan event berdasarkan banguet event order yang sudah dibuat oleh Guest
Relation Officer.
4.
Mengkoordinir
dan mengawasi pengadaan kebutuhan alat pendukung untuk operasional F&B
Service operational (Guest
Supply)
F.
Periodically
1.
Mengkoordinir,
mempersiapkan dan melaksanakan event-event yang telah di tentukan untuk
meningkatkan hasil penjualan baik restoran maupun banquet.
2.
Melaksanakan
dan mengawasi inventarisasi atas barang-barang yang di miliki F&B Service
baik secara rutin dan berkesinambungan agar selalu terkontrol dengan baik
3.
Membuat
laporan dan masukan kepada Restaurant Manager atas prestasi kerja seluruh
tenaga pelaksana di F&B Service.
4.
Melaksanakan perencanaan secara terpadu untuk meningkatkan
atau perbaikan atas performance setiap tenaga pelaksana dengan tujuan untuk
mencapai high quality of service kepada Customer.
5.
Melakukan
peninjauan serta analisa terhadap performance tenaga pelaksana
6.
Menyambut
kedatangan tamu VIP/reguler dengan memberikan greeting serta mengantar ke
ruangan yang telah di sediakan.
7.
Menghadiri
kegiatan meeting dalam segala aspek operasional dan management F&B Service
sesuai dengan kebutuhan dari Dept. Head
Terimakasih
pangkapi@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar